Kota Malang (Humas) –Salah satu program unggulan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang adalah MADU MANJA atau MAN Dua Menjelajah Dunia). Program ini didesain untuk memberikan akses kepada para peserta didik untuk mendapatkan beragam akses terhadap program wawasan dan studi lanjut ke luar negeri, baik melalui pertukaran pelajaran atau lainnya.

Pada pengembangan program MADU MANJA kali ini, MAN 2 Kota Malang akan mengikuti Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul Turki yang akan diikuti peserta didik dan mahasiswa dari 25 negara. Program Internasional ini, MAN 2 Kota Malang akan mengirimkan 18 peserta didik dan 1 pendamping.

Kegiatan pelepasan 18 Peserta Didik MAN 2 Kota Malang diadakan pada hari Jum’at (22/02/23) pagi tadi. Hadir dalam acara tersebut Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd didampingi, Kaur TU, Wakamad, Wali Kelas, Ketua P2MM, Ketua Ma’had, Ketua LDC H. Ahmad Thohir Yoga, M.Ed. dan diikuti seluruh peserta IYS di Auditorium Gedung sains terpadu lantai IV Madrasah.

“Acara Istanbul Youth Summit (IYS) 2024, anak-anak akan mengikuti rangkaian program di Turki selama 12 hari mulai tanggal 27 Februari dan kembali ke Indonesia tanggal 9 Maret 2024. IYS ini dapat mengasah kemampuan peserta didik kita untuk bisa berbicara di depan umum dan membentuk karakter kepemimpinan masa depan yang ideal, disana akan dibahas berbagai kasus-kasus sosial untuk kemudian diperbincangkan dalam dunia internasional.” jelas Ahmad Thohir Yoga selaku ketua LDC dan Pendamping MAN 2 Kota Malang selama kegiatan IYS.

Menurut Mr. Yoga panggilan akrabnya, IYS mempunya tujuan positif bagi pengembangan minat bakat sekaligus dapat mengasah semangat para pemimpin muda yang berbakat dari berbagai bidang yang dimiliki setiap peserta didik.” IYS ini dapat membangun karakter kepemimpinan peserta didik kita di kancah internasional, sekaligus melatih jiwa kepemimpinanya agar aktif berkontribusi membangun negeri dimasa yang akan datang,” ucapnya saat memberikan laporan kesiapan IYS.

Sementara itu Kepala Madrasah H. Samsudin dalam sambutan pembukaanya, mengatakan kegiatan IYS ini selain salah satu bentuk pengembangan dari program MADU MANJA diharapkan  Program ini dapat mencari tambahan ilmu dan wawasan dunia serta sejarah budaya Islam.

“Anak-anak jadikan program Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul Turki ini bagian mencari ilmu dan mengetahui sejarah kebudayaan dan peradaban Islam, sehingga anak-anak dapat mengetahui budaya islam dulu dan sekarang yang modern tetap dijaga dengan baik oleh negara Turki. Jaga diri dan kedisiplinan di negara Eropa yang perbatasan dengan Asia tersebut, tetap ingat ibadah dan jangan lupa istirahat tetap dijaga. ” ucap Kamad.

Menurut Kamad, dokumentasi informasi tentang kegiatan Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 yang di publish agar yang baik dan mencerminkan budaya Islami. ” Semoga acara Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul Turki nanti berjalan dengan baik dan lancar mulai berangkat sampai kembali ke madrasah. Jadikan momentum ini pengembangan dan pengetahuan budaya yang baik bagi anak-anak, dan semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan keberkahan kita semua.” Do’a dan harapan Kamad menutup sambutan pelepasanya.

Daftar 18 Peserta Didik MAN 2 Kota Malang terpilih mengikuti kegiatan Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul Turki selama 12 hari mulai tanggal 27 Februari dan kembali ke Indonesia tanggal 9 Maret 2024 sabagai berikut :

  1. M. Navis Abdul Rozzaq (X Manpk)
  2. Muhammad Ahza (X Mipa 6)
  3. Raissa Noorshicha Ridho Putri (X Mipa 5)
  4. Dhiya’ Hauroul Hasanah (X Mipa 5)
  5. Luna Nueva Putri Nugroho (X Mipa 6)
  6. Ruddat Ilaina Rahmah (Xi Mipa 3)
  7. Muhammad Lafran Zahiruddin Asfiansyah (X Mipa 5)
  8. Idris Faza Bihi Makhrus Sholeh (X Ips 3)
  9. Muhammad Sultan Xavier Aldiansyah (X Mipa 4)
  10. Ilham Ardiansyah Tri Prasetyo (X Mipa 2)
  11. Mohammad Haidar Firdaus (X Mipa 5)
  12. Laksamana Delmora Dzun Nun Zadan Al Kindy (X Mipa 5)
  13. Irfaan Sholahuddin Akmal (X Mipa 2)
  14. Tristan Fiqri Arya Darmawan (X Mipa 2)
  15. Alvie Hymaturrohmahe (X Manpk)
  16. Anis Titi Rahayu (X Mipa 5)
  17. Rosa Arinal Haq (X Mipa 4)
  18. Nayla Almeria Kuswoyo (X Bahasa)

#KementerianSemuaAgama (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait